The Nzen Journal

Baby. Beauty. and Biology

Skincare update

image

Yuhuuuuu, sapu-sapu, tiup-tiup, bersih-bersih blog karena udah lama gak update blog. Kretekin badan, tangan, dan kepala. Selesai.

Oke. Beberapa waktu yang lalu mamake pernah post tentang skincare routine yang mamake jalani. Waktu itu pake Hada Labo. Setelah si HL abis, mamake pusing mau pake apa lagi. Jadi menclok ke sana-sini, tanya ke BA di konter ini itu akhirnya mamake nemu juga regimen yang pas buat mamake.
For your info, mamake kulitnya tipe kombinasi, sensitif, dan acne-prone.
Di atas udah dipajang gambarnya. Nah sekarang penjelasannya yah.

1. The Body Shop Tea Tree Foam Cleanser.
Pake ini kalo kulit lagi jerawatan. Cleanser ini enak banget buat kulit sensi. Gak bikin ketarik atau kering. Yang pasti jerawat agak berkurang kalau pake ini.

2. Kiehl’s Ultra Facial Cleanser
Pake ini kalau muka lagi normal. Emang sih gak ngapus make up, tapi cleanser ini gak ada parfumnya. Aku senang. Ditambah gak bikin kulit kering dan ketarik-tarik.

3. Hada Labo Gokujyun Lotion
Suka banget sama lotion (toner) ini. Dua fungsi sekaligus, membersihkan sisa makeup dan melembabkan kulit. Abis pake ini kulit kenyal-kenyal kayak mochi. Lotion/toner ini biasanya aku tuang di kapas trus dioles-oles ke muka. Selain pake pake kapas, kadang-kadang langsung ditepok-tepok ke muka.

4. SK II Facial Treatment Essence
It’s my holy grail essence. I love it. Gak usah mamake review lagi yah. Udah banyak reviewnya di google. Disebut juga sebagai miracle water.

5. SK II Repair C
Ini juga HG. Bikin muka langsung halus dan kenyal-kenyal.

6. The Body Shop Vitamin E spf 15
Pelembab pagi ini pas banget lembabnya dan gak bikin muka berminyak.

7. Bless Resurfacing Cream
Krim malam pake ini. Pagi-paginya muka cerah dan lembab.

8. Kiehl’s Superbly Restorative Argan Dry Oil.
Minyak argan yang udah melegenda manfaatnya ini mamake jadiin krim leher. Pakenya irit, cuma butuh setetes buat seleher. Kalo begini caranya kapan habisnya yah.

9. Biore UV Aqua Rich
Sunblok kesayangan. Gak greasy gak bikin kering. Pas pokoknya.

10. The Body Shop Tea Tree Oil
Gak ngaruh banyak sih buat ngeringin jerawat, tapi ngaruh banget buat ngilangin bekas jerawat. ^^

11. The Face Shop White Mud Nose Pack
Fungsinya untuk narik komedo. Enak pake ini, gak bikin kulit merah pas ditarik.

Selesai juga ngereviewnya. Itu lah update skincare yang mamake jalani. How about you?

Freelance atau kerja kantoran?

Iya harusnya vakum karena masih main-main sama ‘my new baby’. Tapi gara-gara baca blog seseorang jadi kepengen nulis.

Gue memulai karir sebagai staf administrasi di universitas negeri paling kesohor di Jawa Barat (Depok masuk teritori Jabar kan?), yang mana pekerjaannya jauuuuuh banget dari kompetensi latar pendidikan gue. Dulu nerima kerjaan ini karena deket sama rumah dan gak makan banyak waktu di jalan (gak pake macet, tinggal jalan kaki naik bikun trus jalan kaki lagi sampe deh kantor). Sambil kerja kantoran gue iseng nyambi ngajar privat buat anak ekspatriat. Bukan ngajar Biologi malah, tapi ngajar matematika.

Jadi hari Senin-Jumat jadi pegawai kantoran, Sabtu-Minggu jadi freelance. Hell yeah…. work hard, play hard!! Sampe-sampe temen gue pada komeng “lu kejar setoran yak!”.

Enaknya kalo kerja kantoran ada gaji yang bakal ditransfer tiap bulan dan sifatnya pasti (bahkan kalo ada bonus ya nambah). Mau di kantor cuma main Feeding Frenzy, bengong atau emang beneran kerja karena ya emang ada kerjaan. Gaji pasti selalu ditransfer. Gak peduli magabut ataupun tidak.

Lain dengan kerjaan freelance. Loe gak lakuin ya gak dapet duit. Kalo gue gak bisa dateng karena mau malem mingguan, ya gak dapet honor ngajar. Enaknya kerja freelance, waktu menjadi fleksibel. Semau-mau gue. Suka gue ambil, gak suka gue tolak.

Dalam hati yang paling dalam, gue lebih suka kerja freelance. Jaman masih kuliah, cita-cita gue mau jadi apa masih ngeblurrr. Pas udah di wisuda juga masih nge blur. Dimana temen-temen udah pada keterima kerja di industri obat, franchise makanan, bank, de el el. Gue masih bingung. “Kok kerjaannya pada terikat gitu yah. Ya terikat waktu dan kontrak”. Dan waktu di wawancara sama reporter Astro TV (iya gua pernah diliput loh, masuk tipi *gaya*) yang lagi ngeliput tentang pengangguran dan ngikut JobFair di UI, si reporternya nya bingung ngomong sama kameramen “kok ini bocah gak ada khawatir-khawatirnya kalo gak diterima kerja di mana-mana”. Dan waktu dia wawancara “pengangguran di Indonesia kan banyak, kamu khawatir gak?” Gue jawab “kerjaan kan gak cuma di Jakarta dan gak harus di kantor pula”.

Mungkin bibit-bibit freelance muncul sejak gue kelas 2 esempe, gara-gara ikut Marching Band punyanya Angkasa Pura II. Waktu itu namanya masih Angkasa Pura II Drum Corps dan gue megang mellophone (some kind middle brass). Jadi, setiap ada pentas, kita dibayar. Tahun 1998 dibayar 50 ribu buat anak esempe itu gede banget. Bisa buat beli tas merk Exsport yang lagi ngetrend masa itu. Bisa buat bayaran sekolah sebulan, tapi sama emak gue gak dibolehin. Ditabung ajah. Kalo pentasnya ke tempat keren atau orang-orang penting, bayarannya lebih gede. Di saat temen-temen minta uang buat ke toko buku, gue udah punya uang sendiri untuk beli buku yang gue mau.

Apalagi kalo lagi pentas gede di Bali atau Jakarta nginep di hotel bagus kayak Sheraton, Atlet Century, you named it, udah sering. Buat gue yang masih dulu esempe, nginep di hotel bagus kayak begitu, wuiiih senengnya bukan main. Jadi, kalo suka liat status temen yang lagi dinas nginep di hotel ini itu, gak ngiler-ngiler acan. Karena ya dari jaman masih kinyis-kinyis udah ‘kenyang’.

Balik lagi ke pilihan jadi freelance atau kerja kantoran. Itu pilihan. Suka-suka orangnya mau kerja yang bagaimana. Intinya, mau kerja dimana aja, filosofinya :

Tujuan hidup tiap orang berbeda-beda, begitu pula tujuan finansialnya.

Cheers :))))

No blog post, my new baby has just arrived.

Iya vakum dulu yah. Lagi punya mainan baru. Gak puas kalo cuma colek-colek doang.

My new baby

image

NYX Palette Be Free

Nanti kalo udah puas mainannya, aku bikinin review + swatchnya.

Ada yang udah pake produknya NYX?

Masa kadaluarsa kosmetik

Mamake senang koleksi lipstik dari beberapa merk. Bukan merk-merk high end sih, tapi merk mid-end bahkan ada yang lokal punya. Beberapa lipstik yang dibeli karena belum punya warnanya atau kepingin coba warna ini dari merk itu. Misalnya, udah punya sih lipstik warna nude dari merk MakeOver eh tapi abis swatch di konter Revlon, kok warna yang sama lucu yah. Akhirnya bungkus deh. Hasil dari keisengan ngoleksi lipstik akhirnya mamake punya sekitar 30 an lipstik mulai dari warna merah sampai nude.

image

Mamake baca di artikel ini , ini , ini , dan ini , ternyata lipstik dan make up lainnya memiliki masa kadaluarsa. Foundation, bedak, eyeshadow, eyeliner, mascara, lipliner, kuteks, ternyata memiliki ‘masa hidup’ yang gak lama-lama amat.

Lipstik bisa bertahan 2-3 tahun.

Foundation jika berbahan dasar air bertahan 12 bulan. Jika berbahan dasar minyak 18 bulan.

Lipliner bertahan hingga hingga 3 tahun.

Concealer hingga 18 bulan.

Eyeshadow ada yang bilang sampai 4 tahun.

Mascara, eyeliner liquid atau gel bertahan hingga 3-6 bulan.

Ngomong-ngomong tentang mascara, mamake punya pengalaman gak enak. Jadi waktu itu H-11 sebelum my wedding day, mata kananku harus dioperasi karena bengkak gede banget. Kalo gak salah nama operasinya Hordeolum chalazion . Bencana banget. Orang mau kawin pake acara bengkak-bengkak segala. Gara-garanya beberapa hari yang lalu, ada acara dan pastinya mekapan dong. Lupa kalo mascara udah 6 bulan lebih, main pake-pake aja. Kebesokannya mata merah berair mulai gatel-gatel. Hari kedua jadi gede dan hari ketiga tambah gede. Akhirnya ke dokter mata, kirain cuma dikasih salep dan disuruh pulang eeehhh dokternya bilang ‘kita operasi aja ya. Sebentar kok’. Mamake gak mau cerita gimana operasinya tapi yang pasti setelah operasi mata kanan ditutup perban. Blasss… cuma mata kiri doang yang bisa liat. Masalahnya gak berenti di situ. Tapi pas keluar gedung RS mau ambil mobil di parkiran baru deh mikir, ‘gimana caranya gue nyetir??????’ Kedip-kedip, garuk-garuk kepala, bengong bentar. Mamake putuskan untuk nelpon orang rumah, minta jemput. Rempong yah cuma gegara mascara. Huffff…

Berdasarkan pengalaman pribadi tentang mascara, mamake jadi pilah-pilih mana yang madih bagus mana yang udah harus dibuang. Yang pasti apapun mau kosmetik, makeup, skincare, makanan, kalau baunya gak enak, gak sedap, warnanya berubah dan teksturnya berlendir, baiknya dilempar ke tong sampah. Jangan dikasih ke orang, kasian orangnya nanti malah sakit.

Makanya, mamake gak mau pake lipstik seharga 300ribuan karena yaa paling setahun udah masuk tong sampah. Mulai sekarang, setiap akhit bulan selain terima gaji, mamake usahain untuk sortir mekap en skinker yang udah kadaluarsa. Supaya bisa beli lagi yang bagus dan belum punya warnanya. ^^

Kalau kamu sudah sortir koleksi makeup dan skincare belum? Berapa bulan sekali?

When they meet playground

image

Belanja online

Saya sering mendengar ada beberapa orang yang pernah tertipu belanja online. Mulai dari barang yang dikirim tidak sesuai gambar, ada cacat atau rusak, dan yang paling parah barang tidak dikirim ke pembeli.

image
Courtesy : recommender.strands.com

Saya sudah hampir tiga tahun ini senang berbelanja online. Alasannya karena :
– praktis, karena tinggal ‘klik’, isi data diri, dan bayar lewat e-banking atau atm.
– hemat karena lebih murah dari retail di toko fisik
– efisien karena tidak perlu keluar rumah naik kendaraan, cari parkir, dan bayar parkir/taksi.

Saya dulu awal-awal belanja online karena ada ol shop yang jual baju yang gak pernah saya liat di toko. Keliatannya sih bagus. Saya tanya-tanya ke seller nya, baik ukuran maupun jenis bahannya. Akhirnya deal, bayar, dan barang sampai di rumah. Saya buka paket kiriman yang isinya baju dan saya kecewa. Ternyata gak sesuai yang saya bayangkan. Bahannya agak kasar, ukurannya agak kekecilan. Nah, sejak itu saya gak mau order pakaian melalui ol shop.

Namun saya masih belanja online terutama makeup dan skincare. Saya baca-baca di beberapa forum banyak sekali ol shop yang jual makeup & skincare palsu. Biasanya saya sebelum order ke ol shop yang bersangkutan, saya tanya sana sini supaya yakin kalau ol shop tersebut trusted seller.
Beberapa teman di forum juga sering kecolongan yang ternyata beli barang palsu. Seller nya sih bilang kalau barang ini ori, tapi ori darimana? Contohnya, ada ol shop yang jual MAC dengan harga miring, ketika ditanya dijawab barang ori. Kita sebagai konsumen harus kritis, ori darimana? Ori dari China? Kanada? Setau saya MAC itu dari Inggris. Kalau mau lebih aman bisa pre order atau ke konternya langsung.

Ada beberapa tips supaya terhindar dari penipuan belanja online :
– pastikan ol shop yang dituju ‘trusted seller’.
– tanya sana sini, research kecil-kecilan, misalnya kalau mau beli barang yg dijual ol shop tertentu jangan langsung beli. Tunggu kira-kira 3 hari, apakah ol shop selalu update barang dagangan. Biasanya ol shop bagus selalu update dagangannya setiap hari.
– Selalu cari ol shop lain yang menawarkan harga kompetitif. Kan gak cuma ol shop itu saja yang menjual barang yang kita inginkan, masih banyak ol shop lainnya yang menjual barang yang sama.

Memang belanja online itu menyenangkan dan seru. Tapi selalu ada yin & yang, ada hitam dan putih. Jadilah smart shopper yang bijak belanja dimana dan bijak menggunakan uang.

Kalau tips belanja online menurut kamu apa?

Tertunda karena menunda-nunda

Hujan dari semalam dan sampai siang ini masih hujan. Semua jadwal yang udah dirangkai jadi gak bisa terlaksana semuanya.

Jadi, besok-besok kalo lagi bisa ya dikerjakan ya San! Jangan ditunda-tunda lagi.

Happy New Year 2013

Happy new year 2013 for you beautiful ladies!!!

Ngomongin tentang tahun baru pasti ngomongin resolusi.Gak pake basa-basi resolusi mamake di tahun 2013 ini adalah :

image

1. Turunin berat badan. Berat badan yang sekarang masih 57 kg, perlu kurang 4 kg lagi supaya sama kayak jaman perawan.

2. Lari tiap weekend kurang lebih 10 km supaya dapet 400 km setahun (mati lo san.. mati lo san.. 400 km darimana kemana coba).

image
Ini sepatu League-ku. Cukuplah buat newbie runner kayak mamake. Pake sepatu ini enak kok. Nanti mamake review tentang sepatu ini.

3. Nike Free Run+3. Gue pasti dapetin lo. I will get you. Until I got my League shoes quota for 400 km. Then you’ll be mine.

image

Resolusi kamu apa?

Silkygirl Mini Haul

Blame to Silkygirl’s beauty assistant who inform me about ‘Buy One Get One Free’ promo.

Okay, my mistake whom can not resist of the word ‘promo’. *sigh* Last morning, I went to the new mall in my town ‘Bale Kota Mal’ for shopping groceries. I was going home after shopping but something asked me to go to departement store in the mall. I found Silkygirl counter and the BA was very nice. She told me that there was BOGOF promo. So the lamp is light, ‘aha’, what about the lipstick. I never tried lipstick from Silkygirl. The result were :

image

1. Moisture max lipcolor #caramel delight
2. Glossy trio lipgloss #peach03 (free)
3. EDT Hope
4. EDT SweetHeart (free)

I know.. I know… there will be no more beauty haul for a couple months. Except fashion haul maybe?? 😛 Like usual, review next month, next post.

What is your recent beauty haul?

Let’s play mommy !

Yeah hampir tiap hari diajakin main sama bocah-bocah. Ada aja macemnya. Suatu hari mereka bosan main dengan mainan mereka. Nah di sini mamake suka bingung mau ngajakin main apalagi.

Mamake think this is it.  *keluarin kartu AS*

1. Main air

image

image

2. Main MakeUpArtist

image

image

*yang ini khusus buat cewek yah. Anak cowok sebaiknya jangan*

3. Baca buku

image

Seru kan gak main mainan melulu. Lagian anak jaman sekarang bosenan. Udah capek-capek beli mainan mahal-mahal, eeeehh cuma kepake beberapa hari aja.

Kalo mommy ngapain aja kalo lagi bareng anak-anak?

Post Navigation