The Nzen Journal

Baby. Beauty. and Biology

Jakarta Banjir (lagi)?

Bulan Desember ini udah musim penghujan. So siapin segala sesuatunya kalo mau pergi, misalnya siapin payung, siapin sepatu plastik (jaga-jaga kalo lewat jalan becek), siapin vitamin C dengan kadar tinggi (jaga-jaga biar gak sakit), siapin uang buat nyuci mobil di cuci robot (scara kalo cuci manual kelamaan, nanti keujanan lagi), siapin hati karena macet kejebak banjir, dan yang paling penting siapin tenaga buat ngangkut barang ke lantai dua (kalo rumah ikut kebanjiran).

 

Gak worthed deh kalo tiap di ujung tahun harus ketemu banjir..banjir…dan banjir… Kan katanya Jakarta kota metropolitan, kota elite, ibukota negara, tapi kok penduduknya ndeso? Buang sampah harus diajarin, dikasih tau, diatur, diperingkatkan. Cabe deh nyelip di gigi. Antisipasi warga Jakarta menghadapi banjir kyknya pasrah-pasrah aja. Dah hobi kali ya. Kalo gw liat di berita-berita atau di koran-koran yang mewawancarai warga Jakarta, antisipasi mereka dalam menghadapi banjir cenderung pasrah. Antisipasi mereka kalo gak pindah ke rumah yang lebih aman, paling mindah-mindahin barang ke lantai dua.

 

Coba bayangkan!! Ada gak sih dari mereka yang mikir untuk ngebersihin saluran air, atau gak buang sampah di sungai atau at least jangan ngehasilin sampah yang berlimpah??? Mungkin ada beberapa yang mikir kayak gitu, tapi jarang dan belum tentu dilakukan juga. Contohnya nih, tetangga di depan rumah gw yang di JakSel setiap dua hari sampahnya sekarung guede. Kalo seminggu bisa 2–3 karung. Itu baru satu keluarga. Disini, di kecamatan Jagakarsa banyak penduduknya, padat orang. Kalo gw perhatiin isi sampah rumah tangga mereka kebanyakan plastik dan sampah dapur kayak sisa-sisa sayur dan makanan. Kalau gw boleh saranin, sampah dapur mereka lebih baik diolah sendiri. Jangan ikutan dibuang. Sampah dapur bisa dijadiin pupuk buat tanaman di halaman depan rumah (daripada pake pupuk kandang, ntar kena flu burung loh). Caranya, bikin galian kecil di halaman rumah, masukkin semua sampah dapur loe terus timbun lagi deh pake tanah. Beres deh!! Sampahnya bakal diurai oleh makro dan mikrooganisme jadi kompos dan tanah di halaman loe jadi subur. Kalo nanem pohon, bisa cepet gedenya, bisa cepet berbuahnya dan cepet dipanen deh. Selain itu, sampah yang dibuang ke TPA juga gak banyak (kasian Bantar Gebang), jadi kita bisa lebih “menghemat” sampah. Kalo kayak gitu, sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui kan?? Coba penghuni Jakarta aktif seperti itu. Dijamin deh, Jakarta gak banjir-banjir lagi.

With all respect, we wish Jakarta be the cleanest city in Indonesia. Amin!

Copyrighted: Jealously85 a.k.a Nzen

JakSel, 5 Dec 07

4:27 PM

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: