The Nzen Journal

Baby. Beauty. and Biology

Belanja online

Saya sering mendengar ada beberapa orang yang pernah tertipu belanja online. Mulai dari barang yang dikirim tidak sesuai gambar, ada cacat atau rusak, dan yang paling parah barang tidak dikirim ke pembeli.

image
Courtesy : recommender.strands.com

Saya sudah hampir tiga tahun ini senang berbelanja online. Alasannya karena :
– praktis, karena tinggal ‘klik’, isi data diri, dan bayar lewat e-banking atau atm.
– hemat karena lebih murah dari retail di toko fisik
– efisien karena tidak perlu keluar rumah naik kendaraan, cari parkir, dan bayar parkir/taksi.

Saya dulu awal-awal belanja online karena ada ol shop yang jual baju yang gak pernah saya liat di toko. Keliatannya sih bagus. Saya tanya-tanya ke seller nya, baik ukuran maupun jenis bahannya. Akhirnya deal, bayar, dan barang sampai di rumah. Saya buka paket kiriman yang isinya baju dan saya kecewa. Ternyata gak sesuai yang saya bayangkan. Bahannya agak kasar, ukurannya agak kekecilan. Nah, sejak itu saya gak mau order pakaian melalui ol shop.

Namun saya masih belanja online terutama makeup dan skincare. Saya baca-baca di beberapa forum banyak sekali ol shop yang jual makeup & skincare palsu. Biasanya saya sebelum order ke ol shop yang bersangkutan, saya tanya sana sini supaya yakin kalau ol shop tersebut trusted seller.
Beberapa teman di forum juga sering kecolongan yang ternyata beli barang palsu. Seller nya sih bilang kalau barang ini ori, tapi ori darimana? Contohnya, ada ol shop yang jual MAC dengan harga miring, ketika ditanya dijawab barang ori. Kita sebagai konsumen harus kritis, ori darimana? Ori dari China? Kanada? Setau saya MAC itu dari Inggris. Kalau mau lebih aman bisa pre order atau ke konternya langsung.

Ada beberapa tips supaya terhindar dari penipuan belanja online :
– pastikan ol shop yang dituju ‘trusted seller’.
– tanya sana sini, research kecil-kecilan, misalnya kalau mau beli barang yg dijual ol shop tertentu jangan langsung beli. Tunggu kira-kira 3 hari, apakah ol shop selalu update barang dagangan. Biasanya ol shop bagus selalu update dagangannya setiap hari.
– Selalu cari ol shop lain yang menawarkan harga kompetitif. Kan gak cuma ol shop itu saja yang menjual barang yang kita inginkan, masih banyak ol shop lainnya yang menjual barang yang sama.

Memang belanja online itu menyenangkan dan seru. Tapi selalu ada yin & yang, ada hitam dan putih. Jadilah smart shopper yang bijak belanja dimana dan bijak menggunakan uang.

Kalau tips belanja online menurut kamu apa?

Single Post Navigation

2 thoughts on “Belanja online

  1. mizzycomplex on said:

    klo aku ga pernah belanja ol utk make up Mam (blanja langsung aja suka ga cocok, apalagi ol, hehehe….).
    pernahnya cuma barang2 aja. Itupun cuma sama teman yg terpercaya aja yg bisa kasih jaminan “barang jelek, ganti loh yaaa !! ” haha…
    Terus harus ngerti juga sama kualitas. Kalau ga pernah tau kayak apa wujudnya barang ori, ya jangan pernah sok nyoba beli ol. Asli aja gatau, apalagi mo beli yang “cuma gambar” >___<.
    OL shopping emang all about trusted sih.

    • Nzen Journal on said:

      Hehe.. tiap orang beda-beda sih yah. Kayak kmrn mamake naksir palette NYX keluaran baru, di konter Indo belom ada (dan lebih mehong pastinya). Padahal di sephora/macys/nordstrom udah ada ya jadinya PO. Walaupun lama sampenya (2 mingguan).
      Atau naksir babyfoot nya TonyMoly/Etude kalo liat harganya di konter ih amit2 selangit. Sedangkan di OL bisa beda 50-100ribuan. Belinya ya di OL yg udah trusted seller kyk di multiply atau femaledaily.
      Sekarang kalo nge mol cuma minta sampel dan icip2 aja. Kalo beli ya di OL. Tentang autentikasi tinggal bawa barangnya aja ke konter. Banyak kok cici2 yg pd beli MAC di OL minta di auntentikasi di konternya MAC dan emg asli. Paling beda packaging krn beli di Inggris yg selalu update packaging. Cmiiw

Leave a Reply

