The Nzen Journal

Baby. Beauty. and Biology

Freelance atau kerja kantoran?

Iya harusnya vakum karena masih main-main sama ‘my new baby’. Tapi gara-gara baca blog seseorang jadi kepengen nulis.

Gue memulai karir sebagai staf administrasi di universitas negeri paling kesohor di Jawa Barat (Depok masuk teritori Jabar kan?), yang mana pekerjaannya jauuuuuh banget dari kompetensi latar pendidikan gue. Dulu nerima kerjaan ini karena deket sama rumah dan gak makan banyak waktu di jalan (gak pake macet, tinggal jalan kaki naik bikun trus jalan kaki lagi sampe deh kantor). Sambil kerja kantoran gue iseng nyambi ngajar privat buat anak ekspatriat. Bukan ngajar Biologi malah, tapi ngajar matematika.

Jadi hari Senin-Jumat jadi pegawai kantoran, Sabtu-Minggu jadi freelance. Hell yeah…. work hard, play hard!! Sampe-sampe temen gue pada komeng “lu kejar setoran yak!”.

Enaknya kalo kerja kantoran ada gaji yang bakal ditransfer tiap bulan dan sifatnya pasti (bahkan kalo ada bonus ya nambah). Mau di kantor cuma main Feeding Frenzy, bengong atau emang beneran kerja karena ya emang ada kerjaan. Gaji pasti selalu ditransfer. Gak peduli magabut ataupun tidak.

Lain dengan kerjaan freelance. Loe gak lakuin ya gak dapet duit. Kalo gue gak bisa dateng karena mau malem mingguan, ya gak dapet honor ngajar. Enaknya kerja freelance, waktu menjadi fleksibel. Semau-mau gue. Suka gue ambil, gak suka gue tolak.

Dalam hati yang paling dalam, gue lebih suka kerja freelance. Jaman masih kuliah, cita-cita gue mau jadi apa masih ngeblurrr. Pas udah di wisuda juga masih nge blur. Dimana temen-temen udah pada keterima kerja di industri obat, franchise makanan, bank, de el el. Gue masih bingung. “Kok kerjaannya pada terikat gitu yah. Ya terikat waktu dan kontrak”. Dan waktu di wawancara sama reporter Astro TV (iya gua pernah diliput loh, masuk tipi *gaya*) yang lagi ngeliput tentang pengangguran dan ngikut JobFair di UI, si reporternya nya bingung ngomong sama kameramen “kok ini bocah gak ada khawatir-khawatirnya kalo gak diterima kerja di mana-mana”. Dan waktu dia wawancara “pengangguran di Indonesia kan banyak, kamu khawatir gak?” Gue jawab “kerjaan kan gak cuma di Jakarta dan gak harus di kantor pula”.

Mungkin bibit-bibit freelance muncul sejak gue kelas 2 esempe, gara-gara ikut Marching Band punyanya Angkasa Pura II. Waktu itu namanya masih Angkasa Pura II Drum Corps dan gue megang mellophone (some kind middle brass). Jadi, setiap ada pentas, kita dibayar. Tahun 1998 dibayar 50 ribu buat anak esempe itu gede banget. Bisa buat beli tas merk Exsport yang lagi ngetrend masa itu. Bisa buat bayaran sekolah sebulan, tapi sama emak gue gak dibolehin. Ditabung ajah. Kalo pentasnya ke tempat keren atau orang-orang penting, bayarannya lebih gede. Di saat temen-temen minta uang buat ke toko buku, gue udah punya uang sendiri untuk beli buku yang gue mau.

Apalagi kalo lagi pentas gede di Bali atau Jakarta nginep di hotel bagus kayak Sheraton, Atlet Century, you named it, udah sering. Buat gue yang masih dulu esempe, nginep di hotel bagus kayak begitu, wuiiih senengnya bukan main. Jadi, kalo suka liat status temen yang lagi dinas nginep di hotel ini itu, gak ngiler-ngiler acan. Karena ya dari jaman masih kinyis-kinyis udah ‘kenyang’.

Balik lagi ke pilihan jadi freelance atau kerja kantoran. Itu pilihan. Suka-suka orangnya mau kerja yang bagaimana. Intinya, mau kerja dimana aja, filosofinya :

Tujuan hidup tiap orang berbeda-beda, begitu pula tujuan finansialnya.

Cheers :))))

Single Post Navigation

Leave a Reply

